Lingkungan Bisnis

November 5, 2009 at 3:39 am (Uncategorized)

Lingkungan bisnis merupakan hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah usaha. Seorang manajer dan karyawan harus selalu memantau lingkungan bisnis perusahaannya. Hal ini dimaksudkan agar mereka dapat mengantisipasi bagaimana permintaan akan produknya ataupun perubahan biaya produksi dari bisnis yang dijalani.
Macam-macam lingkungan bisnis:
1. Lingkungan Sosial
Lingkungan sosial yang mencakup demografi dan preferensi pelanggan merefleksikan tendensi sosial terhadap mana suatu bisnis terekspos. Demografi atau karakteristik/segmen dari suatu populasi yang senantiasa berubah sejalan dengan waktu. Perubahan usia mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan usia lanjut dari suatu populasi menyebabkan tingkat kebutuhan dan permintaan dari pelanggan akan berubah. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan atau penurunan permintaan dari produk yang dihasilkan perusahaan. Misalnya saja, peningkatan dalam populasi anak-anak yang masuk usia sekolah menyebabkan peningkatan permintaan terhadap buku tulis dan peralatan sekolah lainnya.
Hal lain yang mempengaruhi permintaan akan produk adalah perubahan dalam preferensi pelanggan yang terus berubah sejalan dengan waktu. Misalnya saja selera yang sangat dipengaruhi oleh teknologi. Ketika teknologi berkembang, permintaan terhadap sebuah produk akan meningkat. Namun menyebabkan penurunan permintaan terhadap produk lainnya. Pemantauan bisnis dari lingkungan sosial ini dilakukan oleh para pebisnis agar dapat meningkatkan ptofitabilitas perusahaan mereka.

2. Lingkungan Industri
Lingkungan industri mencerminkan kondisi di dalam industri perusahaan terhadap mana perusahaan terekspos. Kondisi di setiap industri bervariasi sesuai dengan permintaan dan persaingan. Manfaat yang didapat dari perusahaan yang berada dalamnya adalah terjadinya peningkatan permintaan dari produk yang dihasilkan. Namun hal ini dapat menyebabkan tingginya tingkat persaingan dari perusahaan yang berada dalam industri tersebut. Persaingan ini memberi dampak positif bagi pelanggan karena harga yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersaing relatif lebih rendah. Namun memberi dampak yang negatif bagi perusahaan tersebut karena laba yang didapatnya akan berkurang.

3. Lingkungan Ekonomi
Kondisi ekonomi mempunyai dampak yang kuat terhadap kinerja dari setiap bisnis. Pada saat perekonomian kuat, tingkat lapangan kerja tinggi dan pendapatan bertambah. Hal ini mendorong perubahan selera dan tingkah laku yang menjadi lebih konsumtif sehingga permintaan akan sebuah produk meningkat. Dari perusahaan pun dapat mempekerjakan karyawan dengan lebih banyak lagi sehingga pengangguran dapat dikurangi.
Hal sebaliknya akan terjadi ketika perekonomian lemah. Ketika permintaan akan produk menurun karena pendapatan masyarakat menurun , maka kinerja perusahaan akan menurun dan laba yang didapat juga menurun. Hal ini menyebabkan terjadinya pemutusan kerja sepihak sehingga tingkat pengangguran meningkat.

4. Lingkungan Global
Lingkungan global dapat mempengaruhi seluruh perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Beberapa perusahaan mengandalkan negara lain untuk memasarkan produknya. Jika mengalami peningkatan permintaan, kemungkinan besar didirikan cabang perusahaan di luar negeri . hal ini di maksudkan pula agar perusahaan dapat bersaing dengan produk dari perusahaan lokal.
Kondisi ekonomi global dapat mempengaruhi perekonomian lokal. Jika kondisi ekonomi di negara asing melemah, maka permintaan terhadap produk dari negara adidaya seperti Amerika Serikat akan menurun pula. Hal tersebut menyebabkan laba yang rendah dan pengangguran meningkat. Bahkan perusahaan yang tidak memiliki bisnis internasional juga dapat dipengaruhi oleh lingkungan global.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: